Bikin Liburan Anda Beda!

Sedikit ‘tertampar’ dengan chirpstory-nya pak Jamil Azzaini di sini, akhirnya saia memutuskan untuk semakin rajin nge-blog, biar gak jadi rumah hantu nih blog, hehe..

Dan bener juga sih, postingan blog sebaiknya gak terlalu panjang. Bahkan di chirpstory tersebut ditulis, “Satu alinea sekitar 3 kalimat, kog pendek? Memang dunia online beda dgn offline #TipsMenulisBlog.” Saia juga sebenernya males sih baca blog yang terlalu panjang.

Khususnya dunia kuliahlah yang ‘menyetel’ pola pikir saia, bahwa tulisan akademik yang panjang seolah menunjukkan bahwa penulisnya tampak ‘smart,’ tapi mungkin tergantung siapa yang nulis ya.. Tulisan yang panjang tapi argumennya gak mengena dan banyak pengulangannya juga sama aja bohong.

So, here is my post, setelah sekian lama absen, semoga gak terlalu panjang ya 🙂

Masa-masa libur Lebaran kemarin Jogja ramai sekali. Orang berlomba-lomba membuat itinerary liburannya seseru mungkin, terutama dengan memilih tempat-tempat yang belum banyak publikasinya di media. Kebayang dong, misalnya semua orang yang berlibur itu menuju Pantai Indrayanti, apa bedanya sama ‘cendol’ dong tuh pantai?

Dengan kata lain, orang berlomba-lomba mencari dan menciptakan liburan yang seru di tempat yang sesepi mungkin, karena jenuh dengan keramaian kota. Tapi, hey, mayoritas mereka pasti eksis di jagat maya kan? Punya akun twitter, facebook, instagram, whatsapp, line, dan kawan-kawannya yang aktif diperbarui dong? Masih yakin harapan seperti itu bisa secara harfiah terpenuhi seutuhnya?

Apalagi, sekarang internet bukan barang mahal. Kalaupun sedang bokek, bisa numpang wi-fian di kafe, perpustakaan, atau di mana pun yang menyediakan fasilitas wi-fi. Lalu, ‘konsultasi intensif’ dengan mbah Google. Orang pun biasanya bangga bisa menemukan tempat yang jarang pengunjungnya.

Saia paham betapa gak nyamannya berlibur di tempat yang terlalu ramai. Betapa tenang dan hening bisa merasuk sampai ke kalbu saat tiba di pantai yang sepi, misalnya. Tapi realistis sajalah, kalo memang lagi musim durian, masa’ iya berharap ada mangga? Ngerti dong ya maksud saia 😉

Atau, berstrategilah sedikit.

Saia punya teman yang ‘niat’ banget mengejar kesunyian di Pantai Siung, Gunungkidul, Jogja, dengan berangkat tepat habis sholat Subuh. Padahal, rumahnya di Jogja, di kotanya. Karena masih pagi banget, jalanan juga masih sepi. Normalnya kota Jogja – Gunungkidul ditempuh dalam waktu 2 jam (keramaian lalu lintas biasa aja, bukan musim liburan), katanya waktu itu ia tiba di GK tidak sampai 2 jam. Bahkan petugas retribusi (tiket masuk) pun belum ada, ia hanya diminta bayar parkir.

Gak ada salahnya Anda meniru strategi di atas. Memilih waktu sore hari untuk melihat sunset juga bisa, tapi perlu diingat juga bahwa melihat sunset adalah salah satu kegiatan mainstream yang dilakukan orang yang mengunjungi pantai. Dengan kata lain, pikirkanlah kegiatan liburan yang non-mainstream.

Atau, Anda bisa menginap di sekitar tempat wisata yang sudah Anda incar sejak lama. Misalnya, di Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, yang memiliki fasilitas homestay (info terbaru klik di sini). Dengan menginap di homestay, Anda mendapatkan dobel manfaat: berbagi rezeki dengan penduduk di sana, tapi juga berkenalan dengan kehidupan masyarakat di sana.

No pain, no gain, mbaksis & masbro. Jaman sekarang, menciptakan liburan yang bisa recharge semangat Anda untuk kembali bekerja juga perlu ikhtiar. Anda sudah jauh-jauh datang dari kota rantauan Anda dan kembali ke kampung halaman, Anda hanya perlu berikhtiar sedikit lagi agar liburan Anda semakin seru :mrgreen:

Advertisements

4 thoughts on “Bikin Liburan Anda Beda!

  1. hahaha tetap panjang 🙂
    apalgi isi blogku, panjang2 bangeeeeet hahaha
    terima kasih.

    gmna caranya aku follow mba ya?
    aku awam dgn wordpress. ckckckck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s