Tangan Masyarakat di Tempat Wisata

Postingan saia kali ini masih menyinggung soal destinasi wisata.

Saat konsultasi ke mbah Google tentang tujuan wisata tertentu, kadangkala saia mendarat di suatu tulisan yang membahas kekurangan tempat tersebut, dan ada kalimat semacam ini, “Semoga pemerintah segera menata tempat ini dengan baik agar lebih nyaman dikunjungi.”

Pertanyaan besar muncul di otak saia.

“Kenapa harus pemerintah yang menata? Memangnya masyarakat gak bisa?”

Justru masyarakatlah yang lebih mampu melakukannya, asalkan mereka sadar wisata dan sadar potensi ekonomi. Tapi setahu saia, masyarakat yang tinggal di dekat suatu destinasi wisata sadar betul bahwa ada sumber penghasilan yang menjanjikan di dekat rumah mereka.

Dan justru masyarakatlah yang lebih mampu melakukannya, karena mereka sudah lama tinggal di wilayah tersebut dan lebih memahami apa yang diperlukan agar destinasi wisata tersebut berkembang.

Mungkin saia antipati terhadap pemerintah atau apapun istilahnya, karena seringkali fasilitas yang dibangun pemerintah hanya bersifat seremonial saja dan tidak serius perawatan dan pengelolaannya untuk jangka panjang.

Di sinilah masyarakat memainkan peran utamanya, sebagai penghuni wilayah tersebut, yang menunjukkan kecintaan pada wilayahnya dengan terus berbenah untuk menciptakan destinasi wisata yang nyaman bagi pengunjung.

Malah menurut saia, sebagai pengunjung kita harus mengapresiasi upaya masyarakat setempat untuk mempercantik tempat wisata tersebut, karena mereka melakukannya secara swadaya.

Memangnya pemerintah tidak membantu? Saia gak bilang begitu lho ya.. Mungkin ada bantuan yang diberikan, tapi yang harus diurusi pemerintah kan buanyaaaak sekali.

Kemandirian masyarakat bisa menjadi solusi paling efektif untuk menggarap potensi wisata & ekonomi ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s