Wajah Virtual

Sudah lama menjelajahi dunia maya? Maka, ada baiknya kita berterima kasih pada smiley/emoticon dan para penciptanya.

Pasti tau dong kalo dunmay kurang memungkinkan kita untuk melihat wajah lawan bicara secara langsung dan real time (kecuali dengan Skype). Yang umumnya bisa kita lihat adalah gambar diam alias foto. Selanjutnya, biasanya kita berkomunikasi dengan cara chatting saja.

Melalui chatting inilah kita bebas menggunakan emoticon yang paling mewakili perasaan kita saat itu. Kelengkapan emoticon juga beragam, tergantung situs/providernya. Maksud saia provider adalah, emoticon di facebook berbeda dari emoticon di yahoo.

Saia termasuk penggemar emoticon. Karena belum bersentuhan dengan whatsapp, kakao talk, dan kawan-kawannya, saia masih happy-happy aja pakai yang ada di yahoo, FB, dan wordpress. Dan meskipun emoticon yahoomail lebih beragam, saia mentok pake yang itu lagi-itu lagi 😉

Kadang pengen juga sih pake emoticon yang lebih atraktif, tapi pengennya yang gak terkesan childish, dan semoga ada juga emoticon cewek berjilbab *ngelunjak*

Bagi saya, emoticon atau wajah virtual penting digunakan untuk lebih mengakrabkan pembicaraan dengan lawan bicara. Mungkin ini termasuk pencitraan ala Pak Pres, tapi tak apalah hehe… Dan jelas ada pakem-pakem yang harus saia perhatikan juga dalam penggunaannya.

Jika lawan bicaranya lebih tua, lebih tinggi hirarkinya dalam suatu organisasi, baru kenal, atau pembicaraannya cenderung formal, saia akan pikir2 lagi untuk menggunakan emoticon.

Bagi pelaku bisnis online, emoticon juga sebenarnya media yang efektif untuk menampilkan citra pelaku bisnis/perusahaan yang ramah, bersahabat, dan solutif terhadap berbagai kepentingan (calon) konsumen.

Maka, saran saia, kalo para pengusaha merekrut tenaga khusus untuk online marketing, pastikan dia paham dan bisa melakukan marketing yang ramah, bersahabat, dan solutif, intinya memanusiakan (calon) konsumen gitu deh.. Karena saia pernah temukan juga beberapa pelaku bisnis online yang gak bisa menangani (calon) konsumennya dengan baik. Padahal, gak sulit lho menggunakan emoticon 😉

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s