Eyang Bule di Indonesia

Diantara sekian banyak wisatawan asing yang mendatangi Indonesia, khususnya Jogja yang bisa dengan mudah saia lihat kehadirannya, yang paling menarik perhatian saia adalah wisatawan asing yang sudah berumur.

Saia langsung menebak-nebak saja, mungkin mereka punya konsep yang berbeda tentang menghabiskan masa tuanya dibandingkan dengan orang tua-orang tua di negara kita. Ini generalisasi, memang. Tapi bagi saia ini menarik juga untuk diamat-amati.

Wisata Pedesaan di Jogja dengan sepeda Onthel

Wisata Pedesaan di Jogja dengan sepeda Onthel

Wisatawan asing sepuh yang paling sering saia lihat adalah bule-bule Eropa, Amerika, Australia. Ada yang datang berombongan besar, ada pula yang hanya bersama pasangannya (setidaknya saat saia melihatnya ya. Bisa jadi juga pasangan ini bagian dari rombongan yang punya agenda wisata sendiri). Turis-turis dari Asia lebih sering terlihat berombongan besar.

Wisatawan asing, baik yang muda ataupun sepuh, cenderung lebih tertarik pada acara-acara seni dan budaya setempat dan tempat-tempat yang bernilai sejarah. Jarang sekali saia lihat mereka mengunjungi tempat wisata alam.

DIY Siap Sambut Kunjungan Wisatawan

Rombongan turis berbecak, salah satu pemandangan paling umum di Jogja

Yang bisa saia tebak-tebak dari kehadiran mereka adalah mungkin mereka masih memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi, yang diwujudkan melalui keinginan untuk mengunjungi negara2 yang mungkin mereka nilai ‘eksotis’ sebelum mereka tiada.

Orang tua di negara kita pun punya rasa ingin tahu yang tinggi, tapi lebih terhadap tumbuh kembang cucunya, betul? Orang tua kita juga ada kok yang bepergian ke luar negeri, lebih banyak karena tujuan agama, misalnya umroh atau haji.

Nah, erat kaitannya dengan umroh atau haji adalah biaya. Namanya bepergian ke luar negeri pasti butuh duit dong ya. Sependek pengetahuan saia sih, kalo orang Indonesia mau ke luar negeri pasti berasa nguras isi tabungan, dibandingkan bule-bule yang berkunjung ke Indonesia, lantaran nilai tukar rupiah dengan mata uang asing yang rata-rata tinggi.

Ini sih sok taunya saia aja. Daripada tabungan orang tua-orang tua di Indonesia habis dipake buat jalan-jalan, mereka lebih ikhlas menggunakannya untuk keperluan anak-anak mereka, meskipun anak-anak mereka sudah pada mandiri juga. Jadi rasa kekeluargaan itu masih erat di Indonesia.

Di luar, di negara-negara Barat (lagi-lagi ini sok taunya saia lho…), kemandirian (dan bahkan mungkin hingga mencapai level individualitas) sangat dijunjung tinggi.

Dan hal lain yang menurut saia layak diacungi jempol adalah kekuatan fisik para eyang bule itu. Mungkin ada satu-dua orang yang perlu menggunakan alat bantu seperti tongkat untuk berjalan. Sedangkan yang lainnya berjalan pelan-pelan mengikuti kemampuan fisiknya, seakan-akan menikmati keindahan tempat yang ditujunya, merekamnya dalam ingatan, untuk menciptakan kenangan dan prestasi berhasil mengunjungi negara lain sebelum mereka tiada. 

Advertisements

13 thoughts on “Eyang Bule di Indonesia

  1. Ya mungkin emang karena keindividualistikan orang Barat, eyang-eyang tadi pengen nikmati sisa hidupnya sama keramahan orang-orang Timur.
    Selain emang karena banyak duit juga 😀

  2. kenapa mereka kurang tertarik wisata alam? ya klo menurut ane karena udah sepuh, wisata alam kan biasanya ada medan yang harus ditempuh

    biasanya budaya orang euro gak suka ngariung dama satu rumah dengan keluarga kayak di indonesia sih

    • bener juga, apalagi jalan menuju tempat wisata alam di Indonesia biasanya masih rock ‘n roll (secara harfiah lho heheee), plus transportasi yang masih ‘senin-kamis’. ga salah akhirnya mereka pilih yang ada di kota aja, cari2 hiburan & objek wisata yang gak ada di negara mereka.

      hobi ngariung sih orang Indonesia banget yak: “Gak ada lo gak rame!” 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s